Inner Header Image

Resources

Wave Header

08 Aug 2023

Belajar STEM di CGTI

Belajar STEM di laboratorium bisa menjadi pengalaman yang sangat berharga dan mendidik bagi anak-anak. Berikut adalah beberapa langkah instruktur kami membimbing anak untuk belajar STEM dengan cara yang menyenangkan dan bermanfaat di Center for Gifted and Talented Indonesia.

  1. Memberikan Aktivitas yang Menantang: Kami memilihkan aktivitas yang menantang dan aktivitas tersebut menggabungkan elemen-elemen ilmu pengetahuan, teknologi, teknik, dan matematika. Kami menyediakan 2 kelas, yaitu untuk anak kelas 1-6 SD dan 7-9 SMP.
  2. Menyiapkan Materi dan Alat: Kami menyiapkan semua materi dan alat yang diperlukan sebelumnya. Ini akan membantu menghindari gangguan saat anak-anak sedang fokus pada pembelajaran.
  3. Memberikan Teori dan Penjelasan Singkat: Sebelum memulai aktivitas, instruktur kami memberikan teori dan penjelasan singkat tentang apa yang akan dilakukan. Ini akan membantu anak-anak memahami tujuan dari aktivitas tersebut.
  4. Melakukan Eksperimen: Anak-anak akan mekakukan eksperimen yang melibatkan konsep STEM. Misalnya, eksperimen tentang perubahan agregat zat atau proyek pembuatan jembatan mini dari tusuk gigi.
  5. Mencoba Sendiri: Kami mengizinkan anak-anak untuk mencoba dan melakukan sendiri sendiri, tentunya dengan pengawasan instruktur kami, sehingga mereka belajar langsung dari pengalaman itu. Ini akan mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan ketekunan.
  6. Memberikan Bimbingan: Instruktur kami selalu tetap dekat anak-anak saat melakukan eksperimen untuk memberikan bimbingan jika dibutuhkan. Jika mereka mengalami kesulitan, Instruktur akan menawarkan panduan tanpa memberikan jawaban langsung.
  7. Mengajak untuk Berdiskusi: Instruktur akan mengajak anak-anak berdiskusi tentang konsep-konsep yang terlibat dalam aktivitas eksperimen sebelumnya. Instruktur akan menanyakan pertanyaan terbuka untuk merangsang pemikiran kritis mereka.
  8. Mendiskusikan Hasil: Setelah aktivitas selesai, anak-anak akan duduk bersama dan mendiskusikan hasil yang diperoleh selama eksperimen, sekaligus menggali apa yang telah mereka pelajari dari aktivitas tersebut dan apa yang bisa ditingkatkan di masa depan?
  9. Mengaitkan dengan Kehidupan Sehari-hari: Instruktur akan memandu anak-anak untuk menghubungkan konsep yang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya, bagaimana ilmu pengetahuan digunakan dalam masak-memasak atau bagaimana matematika diterapkan dalam berbelanja.
  10. Menjadikan Eksperimen itu Menyenangkan: Yang terpenting, jadikan pembelajaran di CGTI adalah pengalaman belajar yang menyenangkan. Anak-anak akan dilibatkan ke dalam diskusi dan aktivitas eksperimen dengan cara yang menarik dan interaktif.

Belajar STEM di CGTI dapat memicu minat anak-anak terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Ini juga membantu mereka mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk masa depan yang semakin canggih dan menantang. 

Mari bersama-sama menggali potensi anak-anak melalui pendekatan pendidikan yang inovatif ini! Jika Anda ingin mengenal lebih dalam, jangan ragu untuk menghubungi kami di WA kami di nomor +62 811 1168 167 atau Direct Message di Instagram kami di https://www.instagram.com/cgti.or.id/

#STEMuntukanak #InovasiPendidikan #TipsOrangTua #KeterampilanMasaDepan #PembelajaranAktif #PendidikanKreatif #EksplorasiSTEM #KeterampilanPemecahanMasalah #AplikasiDalamKehidupanNyata #PembelajaranKolaboratif #PendidikanSTEM #PengembanganAnak #PemikiranKritis #DukunganOrangTua #MenguatkanPotensiAnak #PendidikanSains #KeterampilanTeknologi #BelajarMatematika #TeknikUntukanak #InspirasiKeingintahuan #PendidikanUntukAnakGifted

#STEMforKids #EducationInnovation #ParentingTips #FutureSkills #HandsOnLearning #CreativeEducation #STEMExploration  #ProblemSolvingSkills #RealWorldApplications #CollaborativeLearning #STEMEducation #ChildDevelopment #CriticalThinking #ParentingSupport #EmpowerYoungMinds #ScienceEducation #TechnologySkills #MathematicsLearning #EngineeringForKids #InspireCuriosity #GiftedEducation

< Kembali

Artikel yang berhubungan